Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Akan Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

JAKARTA (LOMBOKEXPRESS.ID)-– Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Pelantikan dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, dan dipimpin oleh Ketua MPR RI, Ahmad Muzani.

Berbagai persiapan terus dilakukan menjelang acara pelantikan ini, termasuk dekorasi Gedung MPR yang akan menjadi tempat berkumpulnya para tamu undangan dari berbagai kalangan.

Menurut jadwal resmi yang dikutip dari berbagai sumber, rangkaian acara pelantikan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Selanjutnya, pukul 10.03 WIB akan diadakan momen mengheningkan cipta. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Paripurna pelantikan Presiden dan Wakil Presiden oleh Ketua MPR pada pukul 10.06 WIB.

Pada pukul 10.26 WIB, Prabowo Subianto akan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden RI, diikuti oleh pengucapan sumpah Wakil Presiden oleh Gibran Rakabuming Raka pada pukul 10.28 WIB.

Setelah itu, keduanya akan menandatangani berita acara pelantikan pada pukul 10.30 WIB, dan acara ini akan dilanjutkan dengan penyerahan berita acara pelantikan pada pukul 10.35 WIB.

Setelah itu, akan ada pertukaran tempat antara Presiden periode 2019-2024 dengan Presiden periode 2024-2029. Prabowo Subianto kemudian dijadwalkan untuk menyampaikan pidato kenegaraan sebagai Presiden Republik Indonesia yang baru. Acara akan ditutup dengan pembacaan doa dan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Pada kesempatan ini, Prabowo Subianto juga diperkirakan akan mengumumkan susunan kabinetnya. Namun, pelantikan para menteri dan wakil menteri dijadwalkan berlangsung keesokan harinya, Senin, 21 Oktober 2024.

Pelantikan ini menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia, yang menyambut kepemimpinan baru untuk lima tahun mendatang. (*)

Baca Juga:  Serius Tangkal Ideologi Radikalisme, BNPT Ajak Pemkab Temanggung dan Perum Perhutani Lakukan Kontra Radikalisasi dengan Pendekatan Kesejahteraan Masyarakat

Keterangan Foto:

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 pada 20 Oktober 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *