Pemkab Bima dan Pemkot Surakarta Bahas Pengembangan Program Strategis

BIMA (LOMBOKEXPRESS.ID)– Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP, bersama Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Ferryandi, SE, M.IP, serta sejumlah kepala OPD dan Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah mengadakan kunjungan kerja ke Kota Surakarta.

Kunjungan ini bertujuan untuk bertukar informasi dan pandangan terkait pembangunan dan pengembangan sektor strategis kedua pemerintah daerah.

Bupati Bima menekankan pentingnya penanganan isu stunting dan penataan kawasan kumuh. “Dari 18 kecamatan dan 191 desa yang ada, masih terdapat kawasan yang memerlukan penanganan khusus,” ujar Bupati.

Ia juga menyoroti perlunya pengembangan pariwisata berbasis budaya di Kabupaten Bima, dengan mempelajari pendekatan Kota Surakarta sesuai kondisi lokal.

Sekretaris Kota Surakarta, Budi Murtono, SE, M.Si, dalam pemaparannya menjelaskan Pemkot Surakarta memiliki 17 program prioritas. Salah satunya adalah UMKM Go Internasional, yang bertujuan mendorong produk UMKM Solo menembus pasar internasional melalui event “Java In Paris” yang didukung oleh platform e-commerce Shopee Indonesia.

Selain itu, digitalisasi pasar tradisional juga didorong secara masif bekerja sama dengan Bank Indonesia, menggunakan aplikasi Qris untuk transaksi non-tunai.

Budi juga menyoroti event Solo Great Sale yang diadakan untuk meningkatkan omzet penjualan di bulan-bulan dengan kunjungan wisata rendah.

Peningkatan kapasitas pelaku usaha dilakukan melalui Solo Techno Park, sebuah kawasan sains dan teknologi yang memberikan pelatihan untuk mengembangkan kompetensi SDM, khususnya mempersiapkan putra-putri daerah menghadapi persaingan di era teknologi.

“Selain peningkatan kapasitas SDM tenaga kerja, layanan kependudukan melalui tujuh layanan, termasuk kelahiran, kematian, layanan e-KTP lansia, dan bimbingan pra-pranikah juga menjadi fokus pelayanan,” terang Budi Murtono.

Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang membahas implementasi program secara teknis dan hambatan dalam pelaksanaannya oleh OPD teknis. (rls)

Baca Juga:  Bupati Bima Sampaikan Sambutan pada Syukuran Hari Bhayangkara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *