Restuardy Daud Serahkan Penghargaan pada Ajang ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2024

Nasional0 Views

JAKARTA (LOMBOKEXPRESS.ID)– Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud, menghadiri acara penghargaan ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2024 di Jakarta Convention Center. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).

Restuardy Daud menyampaikan lima arahan presiden untuk mempercepat transformasi digital, yakni:

1. Perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital.
2. Roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis.
3. Percepatan integrasi pusat data nasional.
4. Persiapan kebutuhan SDM talenta digital.
5. Regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

Menurut Restuardy, transformasi digital adalah pilar kebijakan utama Indonesia untuk menciptakan ekosistem digital yang kuat dan sejahtera. Ia menambahkan, ke depan diharapkan layanan terpadu dalam satu portal, proses yang sederhana, cepat, mudah, dan transparan, serta akses dengan identitas digital untuk keamanan data pribadi tanpa menggunakan KTP.

Dengan hadirnya SE Mendagri No 000.9.3.2/92/SJ tanggal 5 Januari 2024, Restuardy berharap dapat mendorong peran pemerintah daerah dalam transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional. SE ini membahas keterpaduan layanan digital pemerintah dan konsolidasi perencanaan dan penganggaran TIK sesuai arsitektur SPBE Pemda.

Kemendagri juga menekankan pentingnya integrasi kebijakan nasional terkait pemerintahan digital dalam dokumen perencanaan dan penganggaran daerah, sinkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah, serta evaluasi capaian daerah terkait kebijakan pusat.

Sebagai bentuk dukungan, Ditjen Bina Bangda Kemendagri telah memfasilitasi Radiogram ke seluruh Sekda provinsi dan kabupaten/kota untuk mendukung pelaksanaan acara tersebut. Penyerahan penghargaan ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2024 ini melibatkan serangkaian tahapan yang diikuti oleh Sekda provinsi, kabupaten, dan kota.

Dari hasil penilaian tahapan, sembilan Sekda terpilih menerima penghargaan, terdiri dari 3 provinsi (Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung), 3 kota (Mojokerto, Cimahi, Balikpapan), dan 3 kabupaten (Gresik, Trenggalek, Pekalongan).

Baca Juga:  Kemendagri Sampaikan Solusi Penyelesaian Konflik Agraria

“Kami berharap penghargaan ini dapat membantu mengarahkan perubahan dan memberikan teladan dalam tindakan menuju digitalisasi di daerah, serta menjadi ajang untuk mewujudkan percepatan transformasi digital di Indonesia,” tutup Restuardy. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *