Menjaga Tradisi dan Pemelihara Warisan Budaya

Tokoh0 Views

CAKRANEGARA–Salah satu tokoh senior di Lombok, Lalu Wiraatmaja atau yang lebih akrab disapa Mamiq Ngoh, telah lama menjadi penjaga tradisi dan pemelihara warisan budaya di daerahnya NTB.

Pada 21 Februari 2024, Mamiq Ngoh bersama rombongan hadir dalam acara Simakrame di Puri Agung Cakranegara, menunjukkan komitmennya dalam mempererat tali silaturahmi dan mendukung upaya pemeliharaan aset warisan budaya di NTB.

Dalam sambutannya, Mamiq Ngoh mengapresiasi perjuangan Puri Agung Cakranegara dalam menjaga semua aset peninggalan Raja Dewata. Terutama yang berkaitan dengan aset Plabe Pure. Miq Ngoh menekankan pentingnya menjaga keutuhan dan kelestarian aset ini guna kelangsungan upacara keagamaan dan adat budaya, tanpa memberikan beban kepada pemerintah daerah atau umat sendiri.

Sebagai pewaris agung Raja Dewata, Mamiq Ngoh menyampaikan harapan akan terwujudnya komitmen baik yang diungkapkan dalam acara tersebut. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh umat, terutama yang berada di bumi Sasak tercinta.

Dengan kesadaran akan pentingnya pemeliharaan warisan budaya, Mamiq Ngoh dan para tokoh senior lainnya terus berupaya menjaga kearifan lokal dan memastikan warisan leluhur tetap lestari bagi generasi mendatang. Melalui dukungan dan komitmen mereka, harapan untuk mewujudkan keberlangsungan budaya dan tradisi di Lombok terus menyala. (nang)

Baca Juga:  ICHI Beri Piagam Kehormatan AA Gede Ngurah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *