Puskor Hindunesia NTB Gelar Ngaben Massal Gratis di Pura Dalem Swasta Pranawa, Cakranegara

MATARAM (LOMBOKEXPRESS.ID- Puskor Hindunesia Dekorwil NTB kembali menggelar acara Ngaben Massal Gratis di Pura Dalem Swasta Pranawa, Abiantubuh, Cakranegara, Mataram.

Sebanyak 51 sawe (jenazah) terlibat dalam upacara adat ini, yang ditujukan khusus untuk membantu umat Hindu di NTB yang membutuhkan bantuan dalam melaksanakan prosesi Ngaben.

Ida Bagus K. Susena, Ketua Umum Puskor Hindunesia, menjelaskan Ngaben massal ini telah menjadi tradisi berkelanjutan. “Program Ngaben massal sangat penting bagi masyarakat kami. Kami berharap bisa menjadikannya sebagai program unggulan, di samping Pitra Yadnya. Di masa depan, kami berencana meluaskan cakupan program ke Manusa Yadnya atau jenis Yadnya lainnya. Sehingga bisa membantu lebih banyak umat Hindu yang terkendala secara finansial. Partisipasi umat yang mampu secara ekonomi sangat diperlukan agar program ini terus berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ida Bagus K. Susena juga menyampaikan terima kasih kepada Guru Mangku Gede Wenten yang menyumbangkan dana sebesar 100 juta rupiah. “Sumbangan ini sepenuhnya berasal dari keluarga besar Guru Mangku Gede Wenten dan sangat membantu terlaksananya Ngaben massal gratis ini. Semoga di masa mendatang lebih banyak lagi umat yang berkontribusi demi kepentingan bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Ni Komang Puspita, Ketua Puskor Hindunesia Dekorwil NTB, menyatakan  Ngaben massal ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat Hindu di NTB.

“Dengan kuota 51 sawe, kami berharap upacara Ngaben massal ini bisa memberikan kemudahan bagi umat Hindu di NTB untuk melaksanakan prosesi adat tanpa terbebani biaya yang besar. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras demi kesuksesan acara ini,” ujarnya.

Guru Mangku Gede Wenten, yang hadir langsung dalam upacara tersebut, menyatakan  sumbangan ini adalah bentuk kepeduliannya terhadap umat Hindu. “Dana ini sepenuhnya dari saya dan istri, tanpa ada kepentingan lain. Kami melakukan ini demi menjaga nilai-nilai Tri Hita Karana. Saya mengajak kita semua untuk bersatu menjalankan dharma,” tegasnya.

Baca Juga:  Perkuat Kolaborasi Pencegahan Ideologi Transnasional, BNPT RI Jajaki MoU dengan NCTC Qatar

Acara Ngaben massal ini turut dihadiri oleh perwakilan Kepala Binmas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi NTB, PHDI P NTB, serta berbagai organisasi Hindu lainnya seperti WHDI, ICHI, PSN, Prajaniti, Semeton PCM, dan Ketua Kerama Pura Sangkara Hyang Kota Mataram, yang mendukung penuh terselenggaranya acara ini. (nang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *