Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Poto Tano Laksanakan KRYD untuk Amankan Gerbang Masuk Sumbawa Barat

SUMBAWA BARAT (LOMBOKEXPRESS.ID)– Dalam upaya mengantisipasi kerawanan di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat, anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Poto Tano secara rutin melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada 16 Juli 2024 pukul 23.00.

Sebagai tanggung jawab dalam mengamankan pelabuhan yang menjadi gerbang utama masuk ke wilayah hukum Polres Sumbawa Barat, Polsek Kawasan Pelabuhan Poto Tano secara berkelanjutan menggelar KRYD. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Nurlana dan melibatkan anggota Polsek serta TNI di pintu gerbang Pelabuhan.

Sasaran utama dari kegiatan ini adalah masyarakat pengguna jasa pelabuhan, baik orang maupun barang yang masuk atau keluar dari pelabuhan. Fokus pemeriksaan meliputi peredaran dan pengangkutan minuman keras, senjata tajam, senjata api, narkoba, bahan peledak, barang muatan ilegal, serta kendaraan tanpa dokumen sah.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap, S.I.K melalui Kasi Humas IPTU Zaenal Abidin menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan personel Polsek KPL Poto Tano adalah upaya untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) seperti tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dan tindak pidana lainnya. Kawasan Pelabuhan Poto Tano sendiri merupakan gerbang lintas antara Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan muatan, petugas kepolisian juga memberikan imbauan kepada sopir dan pengguna jasa penyeberangan untuk mematuhi ketentuan serta informasi dari petugas kapal penyeberangan. Hal ini dilakukan mengingat kondisi cuaca dan angin yang cukup kencang, sehingga penyebrangan dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Dengan langkah ini, Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Poto Tano berharap dapat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sumbawa Barat. (rls)

Baca Juga:  Kemendagri: Pengawasan BBM Bersubsidi Butuh Peran Aktif Pemda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *