Wakapolresta Mataram Hadiri Rapat Kesiapan Pengamanan Parade Ogoh-Ogoh Tahun 2024

Budaya0 Views

MATARAM, LOMBOKEXPRESS.ID– Menjelang Hari Raya Nyepi Saka 1946 Tahun 2024 mewakili Kapolresta Mataram, Wakapolresta Mataram AKBP I Wayan Sudarmanta SIK MH menghadiri Rapat Kesiapan Pengamanan Parade Ogoh-Ogoh bertempat di Taman Mayura Cakranegara, Kota Mataram. Kamis, (07/03/2024).

Wakapolresta Mataram didampingi Kanit III sat Intelkam Polresta Mataram Iptu M. Rofi’i Suriadi, SH, Dewan pembina Ogoh-Ogoh Cakranegara Anak Agung Made Djelantik Barawangsa, Ketua Aliansi Pemuda Hindu Lombok sekaligus Ketua Panitia Ogoh-ogoh Caka 1946 tahun 2024 I Nyoman Loji Sagita, Ketua Panitia I Gusti Bagus Panji Sulaksana, para sekaa taruna-taruni, muda mudi hindu dan koordinator ogoh-ogoh masing Banjar dan lingkungan sekota Mataram yang berjumlah sekitar 100 orang.

Kapolresta Mataram melalui Wakapolresta AKBP I Wayan Sudarmanta SIK MH usai rapat kesiapan mengatakan bahwa kami hadir mewakili Kapolresta Mataram yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan pengamanan Rapat Pleno KPU di Hotel Lombok Garden.

“Pada dasarnya ogoh-ogoh merupakan ritual, yang harus kita laksanakan dengan baik namun disisi lain juga akan ada pawai ta’aruf menjelang bulan Ramadhan bagi umat muslim sehingga bagaimana kegiatan ini diatur agar semua kegiatan dapat berjalan lancar “, ucapnya

Wakapolresta Mataram juga menjelaskan bahwa Ogoh-ogoh adalah seni kebudayaan sehingga yang akan ditampilkan adalah yang terbaik sebagai rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi Saka 1946 Tahun 2024.

“Kami berharap panitia bisa memajukan pembukaan mulai pukul 11.00 wita dan selesai pukul 16.00 wita sehingga ada waktu untuk kita melaksanakan pecaruan dan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

“Kami juga mengimbau untuk saling bersama-sama saling menjaga toleransi antar umat beragama dan Harkamtibmas,” tegasnya.

Polresta Mataram akan melibatkan pengamanan sebanyak 811 personel yang akan disebar di 9 kecamatan.

Baca Juga:  Puisi Wina Armada Sukardi

“Untuk seluruh umat Hindu, ” Selamat hari Raya Kuningan dan Nyepi semoga kita dapat melaksanakan Brata penyepian dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan pahala dari Ida Hyang Widi Wasa,” tutupnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *