BPPD NTB Matangkan Program Kerja 2025, Fokus Digitalisasi dan Promosi Pariwisata

MATARAM (NTBNOW.CO)– Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB menggelar rapat kerja di kantor BPPD NTB dengan agenda membahas program kerja tahun 2025. Rapat ini dihadiri oleh Ketua BPPD NTB Sahlan M. Saleh beserta jajaran pengurus lainnya di Kantor BPPD, Kamis, 27/02.

Ketua BPPD NTB, Sahlan M. Saleh, menyampaikan beberapa prioritas dalam program kerja 2025. Termasuk penguatan digital marketing dan media promosi. Beberapa langkah strategis yang akan dilakukan meliputi, publikasi destinasi wisata melalui video promosi, flyer digital, dan iklan di media massa.

“Optimalisasi media sosial dengan alokasi khusus untuk tim digital,” kata Sahlan.

Selain itu, BPPD NTB juga akan ikut serta dalam berbagai pameran pariwisata internasional, seperti Matta Fair pada April 2025 dan BBTF Bali, guna memperluas jaringan dan mempromosikan NTB ke pasar internasional, terutama Asia.

Program Penguatan dan Evaluasi Kinerja

Sementara itu, anggota BPPD Dr Ali Muhtasom menegaskan dampak ekonomi harus menjadi ukuran utama keberhasilan pariwisata, bukan sekadar jumlah kunjungan wisatawan. Oleh karena itu, BPPD NTB akan mulai merapikan data terkait kunjungan wisatawan, destinasi unggulan, serta menyusun indikator kinerja utama (KPI).

Sementara itu, M. Mustamar Natsir dan H. Abdus Syukur bertanggung jawab dalam pengelolaan media dan digital, dengan penyusunan proposal anggaran untuk optimalisasi promosi.

Manajemen Kantor dan Administrasi

Dalam rapat ini juga dibahas beberapa aspek administratif, seperti Sistem absensi digital untuk meningkatkan kedisiplinan.

Perpanjangan sewa kantor BPPD NTB yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata NTB.

Penjadwalan ulang pertemuan dengan kementerian terkait, khususnya Kementerian Pariwisata, untuk akses informasi dan potensi tambahan anggaran promosi.

Rapat ini menghasilkan sejumlah keputusan penting, antara lain, prioritas penguatan digital marketing dan promosi destinasi wisata. Penyusunan KPI untuk setiap program kerja BPPD NTB guna memastikan efektivitas dan dampak ekonomi. Partisipasi dalam event pariwisata internasional, termasuk Matta Fair dan BBTF Bali.

Tidak hanya itu, optimalisasi koordinasi dengan wartawan dan media untuk meningkatkan publikasi pariwisata NTB. Evaluasi efektivitas perjalanan dinas agar lebih produktif dan sesuai dengan kebutuhan promosi pariwisata.

Dengan berbagai strategi ini, BPPD NTB optimistis dapat meningkatkan daya saing pariwisata NTB di tingkat nasional dan internasional. (red)

Keterangan Foto:

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB menggelar rapat kerja di kantor BPPD NTB dengan agenda membahas program kerja tahun 2025, Kamis, 27/02/2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *