Screening TB, HIV, dan IMS di Lapas Lombok Barat Bersama Puskesmas Kuripan

LOBAR (LOMBOKEXPRESS.ID)– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lombok Barat melalui Klinik Pratama berkolaborasi dengan Puskesmas Kuripan melakukan screening tuberkulosis (TB), human Immunodeficiency Virus (HIV), dan Infeksi Menular Seksual (IMS) bagi warga binaan, pada Kamis (04/07) kemarin.

Sebanyak 54 warga binaan berpartisipasi dalam proses screening yang meliputi pemeriksaan fisik, rontgen dada, tes cepat molekular untuk TB, dan pemeriksaan darah untuk HIV.

“Kegiatan screening berjalan lancar dan hasilnya sangat memuaskan, semua warga binaan dinyatakan negatif dari TB, HIV, maupun IMS,” ujar dr Ratih dari Klinik Pratama Lapas Lombok Barat.

Tim Klinik Lapas Lombok Barat yang dipimpin oleh dr Ratih bersama tenaga medis dari Puskesmas Kuripan juga menyediakan sesi konseling bagi warga binaan, serta memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan waspada terhadap gejala penyakit.

Kalapas Lombok Barat, M Fadli, mengapresiasi kegiatan screening ini dan menekankan pentingnya pelaksanaan secara rutin. “Kesehatan warga binaan adalah tanggung jawab kita bersama. Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan agar warga binaan tetap sehat dan bebas dari penyakit menular,” kata M Fadli. (rls)

Baca Juga:  Kalapas Lombok Barat dan Tim Satops Patnal Periksa HP Petugas untuk Cegah JUDOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *