Kapolresta Mataram Tegaskan Netralitas Harus Tetap Dijunjung 

MATARAM, LOMBOKEXPRESS.ID-Jelang Pemilihan umum (pemilu) serentak 14 Febuari 2024 mendatang, Polresta Mataram terus ingatkan personel polisi harus tetap memiliki sikap netralitas.

“Yang jelas kami tegaskan harus netral. Netralitas itu nomor satu, yang paling utama. Jangan sampai terlibat politik-politik yang praktis,” kata Kapolresta Mataram Kombes Pol Ariefaldi Warganegara, usai silaturahmi dengan Media, Sabtu, 27/1/2024 di Mataram.

Ia mengungkapkan, netralitas dalam pemilu sudah memiliki aturan yang di sampaikan oleh Kapolri beberapa waktu lalu dangan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri Pasal 5 Huruf B, dalam rangka memelihara kehidupan bernegara dan bermasyarakat, anggota Polri dilarang melakukan kegiatan Politik Praktis.

“Jelas itu kode etik ada, sudah masuk dalam ranah kode etik,” ungkapnya.

Disinggung terkait istri anggota polisi yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR, mantan Kabagbinkar SDM Polda Sumatera Selatan ini menegaskan tidak ada aturan tersebut dan hal tersebut tidak boleh dilakukan anggota kepolisian.

“Alhamdulillah termasuk juga tadi yang disampaikan ada juga anggota yang bukan di wilayah kita yang istrinya juga mencalonkan diri. Tapi ya sebagai anggota polri kita tidak boleh, ya karena emang anggota polri ini sifatnya dibedakan tapi tidak bisa dipisahkan. Kapan dia sebagai anggota polri, kapan dia sebagai suami itu bisa dibedakan. Tapi dalam kenyataannya tidak bisa dipisahkan. Nah itu yang harus di pahami oleh rekan-rekan semua dan anggota,” tegasnya.

Sedangkan untuk wilayah rawan di Mataram dan Lombok Barat, Arief menambahkan titik rawan sampai saat ini tidak ada. Yang ada hanya kekhawatiran jarak yang lumayan jauh dari jangkauan pengamanan kepolisian.

“Kalau sampai sekarang secara umum yang jauh aja, jauh jangkauan, ya Gunung Sari Narmada, Lingsar itu yang paling jauh, tapi kalau di dalam kota ini Alhamdulillah situasi sama aman,” pungkasnya. (can)

Baca Juga:  Putusan MK Ubah Hasil Perhitungan Suara di Dapil Lembar-Sekotong, Enam Sekawan Serukan Evaluasi dan Tindakan Tegas

Keterangan foto: Wawancara Kapolres Mataram Kapolres Mataram Kombes Pol Ariefaldi Warganegara, usai silaturahmi dengan Media, Sabtu, 27/1/2024 di Mataram. (Dokumen Humas Polresta Mataram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *