Healthy Cities Summit 2024: Kemendagri Ajak Pemerintah Perkuat Komitmen Kesehatan

Nasional0 Views

SUKABUMI (LOMBOKEXPRESS.ID)– Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Restuardy Daud, secara resmi membuka Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 tahun 2024. Acara bertema “Healthy Cities for Green City dari Sukabumi untuk Indonesia” ini diadakan di Grand Inna Samudra Beach Hotel, Sukabumi, Senin (29/7/2024).

Dalam sambutannya, Restuardy memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintah kota dan kabupaten di Sukabumi yang sukses menerapkan konsep kota sehat dan menyelenggarakan acara bergengsi ini. “Saya sangat menghargai upaya dan komitmen dari pemerintah daerah Sukabumi yang telah menunjukkan dedikasi dalam menerapkan konsep kota sehat. Acara ini merupakan bukti nyata keberhasilan mereka,” ujarnya.

Healthy Cities Summit adalah agenda strategis untuk membahas perkembangan tata kelola kesehatan di kabupaten/kota. Hasil diskusi dan rekomendasi dari acara ini diharapkan dapat direplikasi demi terwujudnya Indonesia sehat.

Restuardy menekankan pentingnya pembangunan kesehatan yang holistik, mencakup aspek sosial, budaya, ekonomi, lingkungan hidup, serta tanggap bencana. “Saya berharap melalui kegiatan ini, pemerintah pusat dan daerah dapat semakin memperkuat komitmen untuk mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera. Prioritas utama adalah penurunan angka stunting, kematian ibu dan anak, peningkatan kelayakan hidup masyarakat, serta ketahanan pangan dan gizi,” tambahnya.

Healthy Cities Summit merupakan agenda rutin dua tahunan yang bertujuan memperkuat pelaksanaan konsep kota/kabupaten sehat dan menjadi media berbagi praktik terbaik bagi kota/kabupaten lain di Indonesia. Fokus utama acara ini adalah menemukan solusi efektif untuk penanganan stunting, yang menjadi perhatian khusus Presiden.

“Stunting adalah masalah serius yang memerlukan perhatian dan tindakan segera. Dengan adanya HCS, diharapkan akan tercipta sinergi lebih kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat,” tutup Restuardy.

Baca Juga:  Pelatihan "National-Led Training" Group 2 Resmi Digelar

Dengan kolaborasi baik antara pemerintah pusat dan daerah, berbagai tantangan kesehatan di Indonesia dapat diatasi lebih efektif, demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *